Review Produk Perusahaan IT Yang Inovasinya Memberi Pengaruh Yang Signifikan Bagi Masyarakat [SHOPEE]


   

 Di zaman sekarang kemajuan Teknologi Informasi dan Komunikasi telah mengubah cara hidup masyarakat dalam menjalankan aktivitasnya sehari-hari. Perkembangan dan kemajuan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) dirasakan hampir di setiap aspek kehidupan masyarakat. Peranan dan keberadaan teknologi informasi dan komunikasi di segala sector kehidupan tanpa sadar telah membawa dunia ke gerbang globalisasi tanpa batas dan tidak mengenal jarak. Siapapun dapat berkomukasi dan mengakses segala informasi yang di butuhkan dengan cepat dan dimanapun keberadaanya.

    Dalam perekonomian suatu negara, teknologi informasi mulai dirasa mempunyai peran yang penting dalam perekonomian suatu negara karena dengan berkembangnya teknologi informasi, perekonomian suatu negara mulai memperlihatkan perubahan yang cukup signifikan. Banyak hal yang dirasa berbeda dan berubah dibandingkan dengan cara yang berkembang sebelumnya. Saat sekarang ini jarak dan waktu bukanlah sebagai masalah yang berarti untuk mendukung pertumbuhan ekonomi, berbagai aplikasi terciptauntuk memfasilitasinya. Perkembangan teknologi juga membawa pengaruh yang signifikan dalam kegiatan ekonomi dan bisnis. 

    Salah satunya yaitu e-commerce. Perdagangan elektronik atau e-dagang (bahasa Inggris: Electronic commerce, juga e-commerce) adalah penyebaran, pembelian, penjualan, pemasaran barang dan jasa melalui sistem elektronik seperti internet atau televisi, www, atau jaringan komputer lainnya. E-dagang dapat melibatkan transfer dana elektronik, pertukaran data elektronik, sistem manajemen inventori otomatis, dan sistem pengumpulan data otomatis.

    Industri teknologi informasi melihat kegiatan e-dagang ini sebagai aplikasi dan penerapan dari e-bisnis (e-business) yang berkaitan dengan transaksi komersial, seperti: transfer dana secara elektronik, SCM (supply chain management), e-pemasaran (e-marketing), atau pemasaran online (online marketing), pemrosesan transaksi online (online transaction processing), pertukaran data elektronik (electronic data interchange /EDI), dll.

    E-dagang atau e-commerce merupakan bagian dari e-business, di mana cakupan e-business lebih luas, tidak hanya sekedar perniagaan tetapi mencakup juga pengkolaborasian mitra bisnis, pelayanan nasabah, lowongan pekerjaan dll. Selain teknologi jaringan www, e-dagang juga memerlukan teknologi basisdata atau pangkalan data (databases), e-surat atau surat elektronik (e-mail), dan bentuk teknologi non komputer yang lain seperti halnya sistem pengiriman barang, dan alat pembayaran untuk e-dagang ini.

    Sebagai contohnya yaitu Shopee. Shopee adalah situs ecommerce yang berkantor pusat di Singapura di bawah naungan SEA Group (sebelumnya dikenal dengan nama Garena), yang didirikan pada 2009 oleh Forrest Li.Shopee pertama kali diluncurkan di Singapura pada tahun 2015, dan sejak itu memperluas jangkauannya ke MalaysiaThailandTaiwanIndonesiaVietnam, dan Filipina.

    Shopee pertama kali meluncur sebagai marketplace consumer to consumer (C2C). Namun kini mereka telah beralih ke model hibrid C2C dan business to consumer (B2C) semenjak meluncurkan Shopee Mall yang merupakan platform toko daring untuk brand ternama.

    Dikalangan konsumen di Indonesia, survei yang dilakukan pada bulan Desember 2017 oleh TheAsianParent mengungkapkan bahwa Shopee adalah platform belanja pilihan pertama bagi para ibu di Indonesia (73%), diikuti oleh Tokopedia (54%), Lazada (51%), dan Instagram (50 %).

    Pada April 2020, Shopee Indonesia mulai mempromosikan penjualan makanan siap saji di platform Shopee. Program yang diberi nama ShopeeFOOD ini telah merekrut lebih dari 500 penjual makanan di wilayah Jakarta.

    Shopee mungkin memang menjadi favorit masyarakat saat ini karena iklan gratis ongkirnya yang menggiurkan. Namun bukan kelebihan itu saja yang ditonjolkan ternyata ada beberapa kekurangan yang mungkin cukup mengganggu. Tak hanya shopee saja, tokopedia, lazada, JD.ID, bukalapak, belibeli, dan berbagai e-commerce lainnya pasti juga punya kelebihan dan kekurangannya masing-masing, baik untuk penjual maupun pembeli.

    Nah, jadi apa aja sih kelebihan dan kekurangan shopee yang bisa kita jadikan pertimbangan apakah akan berjualan atau berbelanja di sana?

Bagi Penjual

  • Kelebihan
  1. Pengguna yang melimpah
  2. Bisa upload hingga 9 gambar
  3. Ada kolom untuk memilih varian
  4. Terintegrasi oleh sistem pengiriman paket
  5. Banyak program yang menguntungkan
  6. Adanya fitur-fitur penghargaan untuk penjual
  7. Shopee beri coin gratis untuk pelanggan yang kasih review

  • Kekurangan

  1. Perang harga sampai berdarah-darah
  2. Akun lama cenderung menjadi pemenang persaingan
  3.  Promo gratis ongkir ribet
  4. Pencairan dana yang lama
  5. Upload gambar sering gagal

Bagi Pembeli
  • Kelebihan

  1. Gratis ongkir
  2. Permainan seru berhadiah
  3. Bisa nawar
  4. Banyak promo
  5. Harga barang relatif murah
  6. Bisa bayar ditempat (COD)
  7. Bisa melakukan komplain lewat live chat

  • Kekurangan

  1. Lemot
  2. Bank tidak lengkap
  3. Banyak pelapak yang sudah tidak aktif
  4. Respon chat lama
  5. Spam seller dimana-mana
  6. Gratis ongkir yang tak selalu gratis
  7. Voucher yang lucu



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Perbedaan, Kekurangan dan Kelebihan dari Metode-Metode Perancangan Sistem Informasi

ITSM (Information Technology Service Management)

Membuat Diagram Sederhana Menggunakan D3.JS